RI Impor Beras Kamboja 100.000 Ton

Leave a comment

February 13, 2013 by AlifAnandito

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan kembali akan mengimpor beras. Jika selama ini pemerintah mengimpor beras dari jual beras Thailand atau Vietnam, kali ini pemerintah mengimpor beras dari Kamboja.

Kesepakatan itu diambil antara Dirjen jual beras Perdagangan Luar Negeri (PLN) Kementerian Perdagangan Deddy Saleh dan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sutarto Alimoeso mewakili Pemerintah Indonesia dengan Chairman Green Trade Thon Virak mewakili Kementerian Perdagangan Kamboja dan Ceo Chamalay Foods Co. Ltd Noorhisham bin Nordin di Jakarta, Kamis (1/11/2012).

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Deddy Saleh menjelaskan, beras dari Kamboja ini akan jual beras digunakan untuk memenuhi stok beras nasional antara 3-4 juta ton. Berasnya tidak semua dikirim ke Indonesia, tetapi akan dibuat stok di Kamboja.

“Nantinya jual beras Bulog bisa beroperasi di Kamboja, beras tidak perlu semua dikirim ke Indonesia, tetapi dijadikan stok di sana, bisa untuk komersial (dijual lagi) jual beras dan bisa diambil sewaktu-sewaktu untuk memenuhi kebutuhan beras di dalam negeri,” kata Deddy.

Menurut Deddy, pada tahap awal, Pemerintah jual beras Kamboja akan mendatangkan 100 ribu ton beras ke Tanah Air pada Desember 2012 dan pada 2013 sebanyak 1 juta ton. Komitmen ini diperoleh setelah ada kesepakatan antara Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri jual beras Perdagangan Kamboja Cham Prasidh pada 28 Agustus lalu di Kamboja.

Deddy berharap kerja sama ini bisa jual beras menguntungkan kedua negara, tidak sebatas masalah impor beras Kamboja ke Indonesia saja, tetapi juga dilanjutkan dengan ekspor berbagai produk Indonesia seperti manufaktur, kopi, dan lain-lain ke Kamboja.

“Jadi, biar kerja sama ini membawa manfaat, jual beras Indonesia juga bisa mengekspor barang manufaktur, kopi, dan lain-lain ke Kamboja,” katanya.

Untuk merealisasikan kerja sama ini, Green Trade Kamboja telah menggandeng Camalay Foods Co. Ltd sebagai joint venture jual beras dan Schamrice (M) SDN BHD sebagai perusahaan yang melaksanakan operasional di lapangan, termasuk pihak yang akan menyiapkan fasilitas, pergudangan, maupun kebutuhan (stok) yang diinginkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TDA Depok

Kementrian Pertanian

Info Beras Barokah

senin - minggu buka jam 05.00 - 20.00

Pengunjung Beras Barokah

  • 375,731 Kunjungan

Toko Beras Barokah

Maaf, kami libur sampai tanggal 10 januari
%d bloggers like this: